Tuesday, January 14, 2014

Lone Survivor (2013) Review Seenaknya

Lone Survivor (2013). Live to Tell the Story.
Gue nonton Lone Survivor dua kali. Bukan, bukan karena gue kepentok dan hilang ingatan, tapi gara-gara ketiduran. Dan bukan, gue ketiduran bukan karena Lone Survivor film yang jelek. Malah sebaliknya, film ini seru untuk ditonton. Kenapa gue sampe ketiduran? Entahlah. Kegigit Tse-tse kali.

Eniwei, Lone Survivor diangkat dari kisah nyata seorang anggota Navy Seal, Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), sewaktu dia dan timnya menjalankan operasi militer "Red Wing", untuk membunuh seorang pemimpin Taliban di pegunungan Afganistan. Operasi militer tersebut jadi kacau karena buruknya sinyal komunikasi dan kesalahan-kesalahan dalam mengambil keputusan.

Buat ukuran film perang modern, Lone Survivor ga bisa dibandingin sama film perang modern keren lainnya kaya Saving Private Ryan/Black Hawk Down dalam tingkat ke-epic-an nya. Iyalah, soalnya ini tentang misi rahasia yang cenderung krik-krik. Tapi jangan salah. Lone Survivor juara dalam hal ke"humble"-an cerita : to the point, ga bertele-tele, ga lebay, otentik, ringkes, padat, no propaganda. Apa yang kalian tonton ya kurang lebih seperti itu kronologi kejadian yang sebenarnya. Dan juga ga ada stereotype basi Hollywood kalo semua orang Arab itu jahat/teroris. Ga ada stereotype tentara Amerika tuh sejago Rambo, cuma sendirian bisa ngalahin musuh sekampung. Kalian bakal tau alesannya setelah kalian nonton sendiri.

Selain itu, film ini juga juara dalam ngasih detail gambaran tentang Navy Seal : berewokan, rambut gondrong, situasi di Tactical/Joint Operation Center, tingkah laku sampe ke printilan kaya sepatu-sepatu hiking tentaranya. Kalo ga percaya kalian tanya dah sendiri sama mas2 bule di Navy Seal.
Oh iya, berhubung ini film perang, aksi perang juga sama juaranya. Baku tembak, luka-luka, ledakan...semuanya seru, detail, otentik tanpa di lebay-lebayin/drama. Akting Mark Wahlberg dan temen-temennya juga ga malu-maluin : ngundang simpatik, nunjukin semangat, patriotisme, keberanian, rasa takut secara wajar dan masuk akal. Dan yang paling gue inget adalah kata-kata Eew : "Ini baru yang namanya brothers sejati". Bener juga kalo dibandingin sama bocah2 cowo jaman sekarang, istilah "bro" cuma buat cengengesan doang, tapi kalo lagi ada masalah pada kabur. Jauhlah.

Gue merekomendasikan buat nonton Lone Survivor bagi kalian yang suka film perang, apalagi perang modern. Apalagi buat bocah jaman sekarang, harus nonton biar ngerti apa itu arti brothers sejati. Camkan itu, berooo!


P.s. taun 2014 bro2an udah ga jaman. Stop pake bro2an....bro!


Score Lone Survivor (2013) : 7.5 out of 10
Duration : 121 min
Stars : Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsch, Ben Foster, Eric Bana

No comments:

Post a Comment

About Us

Catatan tentang apa yang kami kerjakan suka-suka tanpa duka. Kita bakalan review macam-macam makanan, review film, tips traveling juga jalan-jalan, dan pastinya kita juga bakalan berbagi resep masakan.. Pokonya seru deh, stay reading, stay happy nice people!

Recent

recentposts

Pageviews