Thursday, December 29, 2016

Bakwan Sayur - Gorengan ala Rumahan

Heyho..Apakabar friends?

Kali ini gue lagi pengen bikin sesuatu yang praktis, enak, murah meriah tapi juga sehat.. 

Coba kamu tebak, kira-kira gue mau bikin apa sih dengan bahan-bahan ini: 
Kol 1 bonggol (secukupnya), wortel berukuran sedang kira-kira 1 batang (secukupnya), tauge 100 gr (atau kira-kira sebanyak 4 kepalan tangan dewasa), tepung terigu atau kalau mau lebih praktis lagi, bisa beli tepung serbaguna untuk gorengan, siapkan tepung kira-kira kurang lebih 4-5 sendok makan, air dingin kira-kira sebanyak 2 (dua) gelas belimbing, bubuk bawang putih (untuk tambahan), daun Bawang (sesuai selera)...hmmm, udah mulai bisa tebak dong, kira-kira gue mau bikin apa?

Yup, dari semua bahan diatas, kamu udah tau dong kalo gue mau buaaattt…Bakwan Sayur!

Bakwan Sayur




Ok, gak perlu berlama-lama lagi, kita langsung mulai masak yuk..

Pertama-tama kita siapin bahan-bahannya, cuci bersih semua sayuran, lalu potong tipis memanjang wortel, setelah itu potong tipis-tipis memanjang kol-nya, setelah semua selesai dipotong masukkan dalam 1 wadah wortel dan kol tersebut bersama dengan tauge.

Siapkan mangkuk sedang, masukan 4 sendok makan tepung (catatan: apabila memakai tepung terigu biasa yang bukan serbaguna, kamu bisa tambahkan garam sedikit beserta bubuk bawang putih 1 sendok teh saja), kemudian aduk perlahan tepung yang diberi air dingin sedikit demi sedikit sampai tepung tercampur rata dan tidak menggumpal.

Bakwan SayurMasukkan potongan sayuran sedikit demi sedikit kedalam adukan tepung tadi, aduk seluruh sayuran dan tepung hingga merata seluruhnya, tambahkan potongan daun bawang (sesuai selera).                                                   

Siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng, panaskan wajan tersebut dengan api kecil sampai kira-kira minyaknya sudah agak panas, goreng dan masukkan adonan bakwan satu persatu secara perlahan kedalam wajan tadi.

Adonan yang dimasukkan cukup menggunakan sendok makan apabila kamu kurang suka bakwan sayur yang ukurannya terlalu besar (sesuai selera saja), angkat bakwan sayur dari wajan kira2 setelah kurang lebih 5 menit atau pada saat kedua sisi bakwan sudah berwarna coklat keemasan, tiriskan bakwan sayur goreng tadi dari minyak lalu dinginkan sebentar sebelum disajikan..

Yess..bakwan sayur-nya siap dihidangkan.. selamat mencoba yaa!!

No comments:

Post a Comment

About Us

Catatan tentang apa yang kami kerjakan suka-suka tanpa duka. Kita bakalan review macam-macam makanan, review film, tips traveling juga jalan-jalan, dan pastinya kita juga bakalan berbagi resep masakan.. Pokonya seru deh, stay reading, stay happy nice people!

Recent

recentposts

Pageviews