Wednesday, December 28, 2016

Khao Niew Ma Muang - Si Mangga Ketan yang terkenal dari Thailand

Kalian tahu buah Mangga dong, nah, kali ini gw mau cerita dikit nih tentang buah Mangga yang ada di Thailand yang diolah jadi dessert enak.. 
Sebenarnya secara keseluruhan, Mangga di Thailand itu rasanya hampir sama seperti Mangga Harumanis di Indo yang manis, lembut, segar dan wangi. 

Mango Sticky Rice ala Hotel
Dengan mangga yang segar dan manis inilah yang membuat orang-orang di Thailand berkreasi dengan menciptakan snack atau dessert yang dikasi nama Khao Niew Ma Muang atau yang biasa disebut dengan Mango Sticky Rice, makanan ini adalah dessert puaaaling favorit dari Thailand. Buat yang belum pernah makan mangga dengan ketan, sekali nyoba pasti ketagihan deh. 

Di Thailand sendiri udah banyak banget yang menjajakan Mango Sticky Rice, hampir disetiap penjuru, dari gerobakan pinggir jalan atau restaurant-restaurant high end, hampir semuanya menyediakan menu dessert yang satu ini.

Terakhir kesana, tempat yang paling terkenal adalah di Mango Tango. Dulu lokasinya ada di area Siam Square, tetapi sekarang katanya sudah ada cabang baru di Asiatique Riverfront, yang letaknya dipinggiran sungai Chao Phraya. Di Siam Square, Ada 12 pilihan yang ditawarkan di Mango Tango. Semuanya berbau mangga dan tentunya bikin ngiler, bisa dibilang disini tuh surganya olahan mangga deh. Salah satu signature dish yang lumayan populer adalah Mango Tango with Sticky Rice dan Mango Pudding with Ice Cream. 



Kalau mau diceritain tekstur dan rasanya kurang lebih kaya gini nih: Mango Sticky Rice dipadu dengan ketan putih yang gurih serta disiram dengan sedikit santan dan potongan kacang hijau kupas, mmmm...surga banget deh! Mangganya manis dan lembut, paduan ketannya pas, tidak keras apalagi kelembekan, es krimnya seger banget, mangga-nya bisa diganti dengan durian bangkok, yang duren pun rasa manisnya pas, ada seger2 rasa buahnya terus lembut ketannya yang gurih, bikin kenyang tapi gak blenger, pas di makan di hari yang selalu panas di Thailand tu emang paling pas banget! 

Mango Sticky Rice ala Mango Tango
Enak, lembut dan meleleh dimulut kamu, walopun awalnya pasti merasa aneh, kok bisa sih mangga dimakan pake ketan, tapi seriusan, kamu mesti cobain, sekalinya nyobain pasti mau dan mau lagi. 
Harganya terjangkau banget, untuk yang Mango Sticky Rice sekitar 20-40 Baht, additional harga hanya kalau mau ganti mangga-nya dengan durian.

No comments:

Post a Comment

About Us

Catatan tentang apa yang kami kerjakan suka-suka tanpa duka. Kita bakalan review macam-macam makanan, review film, tips traveling juga jalan-jalan, dan pastinya kita juga bakalan berbagi resep masakan.. Pokonya seru deh, stay reading, stay happy nice people!

Recent

recentposts

Pageviews