Tuesday, December 27, 2016

Banana Pancakes khas Thailand!

Sekitar pertengahan Oktober lalu, saya sama beberapa teman saya berniat besar ni untuk backpacker-an ke Thailand. Kami berenam berangkat dengan budget yang super minim, ketolong banget, karena kebetulan pada saat itu yang namanya tiket promo lagi ramai dan belum banyak orang dari Indonesia yang memilih wisata ketempat ini. Karena rajin mencari info, dapetlah kami tiket promo murah, dan asiknya lagi kami dapat yang sekalian dengan paket menginapnya. Pada waktu itu kami emang sengaja gak beli tiket yang ke kota besar-nya, ataupun ke destinasi lain di Thailand yang sudah ternama, dengan maksud biar beda suasana aja gitu :p 

Tempat yang kami incar adalah salah satu pulau lepas-nya Thailand yaitu Aonang, Krabi. Nah, ditempat inilah kami para pecinta makanan ini mulai menggila menjelajah kuliner ala Thailand yang khas dan juga ramah dikantong bagi turis backpacker. Sesampainya disana, karena kami menginap tidak jauh dari pesisir pantai Aonang, sekalian deh kami sight-seeing, jalan kaki disekitaran pesisir pantai, disini suasananya bener-bener seru, karena banyak banget pasar semacam pasar tradisional Thailand yang penuh dengan jejeran foodstall - penjaja makanan dengan truck maupun warung kecil disepanjang jalan, ramenya mulai dari pagi sampai tengah malam, semakin malam suasananya malah tambah rame.

Seperti cinta pada pandangan pertama, setelah kami berjalan hampir diseperempat ujung jalan pesisir pantai Aonang, kami menemukan penjaja makanan satu ini, dekorasinya rame banget, penuh dengan berbagai macam buah-buahan segar berwarna-warni, macam-macam kaleng mentega, keju, telur, tepung, susu, lebih dari 7 macam botol topping dari berbagai merk dengan tiang warung yang dicat warna-warni: 


Yang menjual ibu-ibu memakai songkok (penutup kepala bagi ibu-ibu muslim) dan beliau ditemani satu asistennya ibu-ibu juga, yang sesekali dengan suara lantang berteriak "Pancakes! Pancakes!". Karena penasaran dan keliatannya gerobak jualannya juga ramai dipenuhi pelanggan, kami dekati deh si ibu tersebut, soalnya, kalo dilihat-lihat, kok ibu ini kaya lagi masak martabak telor ya, tapi pas diperhatikan lagi, kok diisi pakai pisang lah, nanas lah, kok sepertinya aneh banget, salah satu teman saya ada yang iseng tanya sama turis lain yang kira-kira masih satu rumpun sama kita, ini makanan apa sih, eh tiba-tiba si ibu itu menyahut dengan lancarnya pakai logat melayu "ini Banana Pancakes, you mau buy?" Oalah ternyata si ibu penjual peranakan Thai - Malaysia. Singkat cerita, kita pada kenalan deh, si ibu lebih senang dipanggil dengan Mak Jamilah, dan si Mak Jamilah berwajah galak tapi berhati malaikat inipun mengizinkan kami untuk ambil foto plus video sambil liat proses dia membuat adonan pastry Banana pancakes, memasak sampai finishing pemberian topping. Seru deh!

Karena udah ngiler berat juga, saya dan teman-teman akhirnya pesan juga dong banana pancakes dengan topping yang berbeda, kalau saya memilih ini nih, Nutella Banana Pancakes:



Nutella Banana Pancakes ini dibuat dari adonan pastry tipis dicampur telur lalu adonan tersebut dipipihkan diatas wajan bulat panas (wajan bulat serta pembuatannya rada mirip dengan pembuatan martabak telor di Indo) baru dikasih potongan pisang segar terus ditambahkan susu kental manis, Nutella, adonan ditutup, lalu dibalurkan lagi Nutella sebanyak-banyaknya diatas pancakes yang udah mateng, baru dipotong-potong persegi. Rasanya jangan ditanya, yang juara banget nih ya, karena pisangnya banyaakk banget, manis dan segar, Nutella yang udah pasti meleleh dimulut, terus adonan pastry pancakesnya pas banget, gak bikin enek, garing tipis renyah, serasi banget deh dimakan di pinggir pantai dengan udara yang panas tapi berangin. Untuk porsi, satu porsi Banana Pancakes kira-kira bisa buat ngemil berdua atau bertiga dengan harga yang terjangkau banget, waktu itu sekitar 20 Baht (sekitar 8 ribu Rupiah).

Salah satu teman saya memesan Banana Pancakes dengan Coklat Hershey, tentunya dengan harga yang sama, tapi sensasinya agak beda sedikit karena kita juga bisa pilih sesuai selera, teman saya ini pilih kulit adonannya gak terlalu garing dan pilihan topping serta buahnya juga diganti, dia minta buahnya diganti dengan nanas segar pakai potongan keju besar, lalu toppingnya dengan coklat cair Hershey, dan rasanya surprisingly seger banget! seperti ini penampakannya:




Memang sih Banana Pancakes ini keliatannya kekinian banget dan gak ada nama Thailand-Thailand-nya samasekali.
Tapi jangan salah loh, cemilan ini sudah dianggap cemilan khas Thailand, hampir disemua tempat di Thailand menjual ini, karena di negara lain belum ada yang se-autentik ini, apalagi mereka memakai bahan segar dan buahnya asli dari buah-buahan Thailand, jadi sensasi ini emang bener-bener bisa kamu dapetin kalau kamu berkunjung ke Thailand aja. 

Karena ke-autentikan itulah makanya saya bikin tulisan ini, rasanya udah pengen banget balik lagi ke Thailand demi sensasi kulinerannya yang gak ada matinya, terutama kepingin banget mengobati rindu makan Thai Banana Pancakes di pesisir pantai, surga lah pokonya!

No comments:

Post a Comment

About Us

Catatan tentang apa yang kami kerjakan suka-suka tanpa duka. Kita bakalan review macam-macam makanan, review film, tips traveling juga jalan-jalan, dan pastinya kita juga bakalan berbagi resep masakan.. Pokonya seru deh, stay reading, stay happy nice people!

Recent

recentposts

Pageviews