Tuesday, December 17, 2013

Jobs (2013) Review Seenaknya

Ashton Kutcher vs Steve Jobs, pinang dibelah dua.
Steve Jobs. Siapa sih yang ga kenal sama orang yang satu ini? Banyak sih. Tapi gue berani jamin kalo manusia - manusia penggila gadget canggih pasti tau, minimal pernah denger, suka atau bahkan benci sama dia, ide dan produknya. Banyak pro dan kontra lah. Apalagi kalo fanboy  iOs udah ketemu fanboy Android. Rusuh kaya Viking ketemu Bonek.
Kalo buat gue pribadi, gue termasuk yang salut sama beliau. Dari jaman megang Mac jadul sampe iPhone yang juga ga kalah jadulnya, menurut gue dia salah satu sosok yang berpengaruh di jaman ini. Bayangin, kalo ga ada dia, gadget - gadget termasuk smartphone ga bakal seheboh sekarang. OS gratisannya Google, Android, mungkin bakal beda Graphic User Interfacenya. Desain produk - produk elektronik  bakal masih tetep norak, ga punya jati diri dan ga simple/minimalis kaya sekarang. Banyaklah. Eh btw, gue bukan fanboy Apple ya. Gue fanboy gadget secara global.

Eniwei, terlepas dari hal diatas, gue mayan bersemangat untuk nonton film ini. Alesannya sederhana. Muka Ashton dan Jobs mayan mirip..hehe. Dan gue termasuk salah satu penonton eksklusif yang bisa nonton ni film dari jauh hari sebelum nongol di bioskop Indonesia. Ya iyalah, nontonnya di DVD bajakan...

Review seenaknya gue terhadap film ini secara singkat bisa dijabarkan ke dalam beberapa kalimat :

Almarhum Steve Jobs sendiri, kalo seandainya beliau bisa nonton film ini, pasti akan berurai air mata di tengah - tengah film. Iya, berurai air mata kebanyakan nguap. Atau mungkin malah sedih biopiknya dibuat kaya gini. Hadeh.

(Warning - Spoiler!)
Awal film berjalan lumayan oke dan sosok Jobs yang visioner, pede, edan, labil, angkuh masih (agak) lumayan dapet. Gue masih bisa menikmati potongan kisah kehidupan Jobs,dari jaman kuliah, kerja, berani ambil resiko, pertemuannya dengan si jenius om Wozniak, menciptakan salah satu game legendaris Atari hanya dalam hitungan waktu yang singkat. Mayan keren, walaupun terasa bolong disana sini.

Tapi semua ancur - ancuran ditengah film. Kalian suka baca Wikipedia ga? Nonton film ini berasa kaya lagi baca Wikipedia. Tapi Wikipedia yang ga niat informasinya. Dan harusnya nonton biopik ga berasa kaya lagi baca Wikipedia. Mendingan gue baca Wikipedia sekalian. Hadeh (lagi).
Sayang banget, sebenernya banyak hal - hal menarik yang bisa diangkat ke dalam film ini. Untuk sosok revolusioner dan inspiratif sekelas beliau, film ini tidak menginspirasi sama sekali. Malah kelamaan di scene - scene ga penting, bukan fokus pada dimana dan bagaimana Jobs bisa bangkit dari kegalauannya. Dari mana beliau bisa dapetin ide - ide ajaibnya. Pertemuannya dengan desainer handal Apple juga cuma begitu doang. Bikin depresi, kalo kata eew. Ga terasa personal, kaya nonton film yang dibikin sama orang yang ga kenal akrab sama Jobs. Spiritnya Jobs ga ada.

Pada intinya gue kecewa dan agak males juga untuk nulis lebih detail. Padahal masih banyak yang pengen gue sampein. Mending kalian nonton sendiri aja, di DVD bajakan. Atau berharap kelak bakal dibuat biopik yang jauh lebih menarik..atau mending nonton aja biografi Steve Jobs di TV kabel. Malah jauh lebih inspiratif. Gue malah tau kalo sosok Jobs yang awalnya angkuh bisa jadi sportif, dan mengakui kehebatan pesaingnya (Bill Gates) secara terang -terangan, dari TV kabel. Gue tau kebiasaan Jobs jalan kaki untuk cari inspirasi dan merenung, dari TV kabel. Atau bagaimana pandangan hidupnya setelah di vonis sakit, juga dari TV kabel. Dah...mendingan nonton dari TV kabel aja..hehe..
(Pantes om Wozniak setelah nonton bilang begini (kurang lebih) "Kalian boleh nonton, tapi film ini ga menggambarkan kehidupan Jobs yang sebenarnya".)

Buat yang pengen tau atau penasaran sama film ini, silahkan ditonton, ga ada yang ngelarang. Cuma jangan berharap terlalu banyak yah. Oh iya, akting Ashton Kutcher disini yah..so-so..ketolong sama kumis dan brewok doang.

Score Jobs (2013) seenaknya : 5.5 out of 10
Duration : 128 min 
Stars: , ,

No comments:

Post a Comment

About Us

Catatan tentang apa yang kami kerjakan suka-suka tanpa duka. Kita bakalan review macam-macam makanan, review film, tips traveling juga jalan-jalan, dan pastinya kita juga bakalan berbagi resep masakan.. Pokonya seru deh, stay reading, stay happy nice people!

Recent

recentposts

Pageviews