Thursday, December 26, 2013

47 Ronin (2013) Review Seenaknya

47 Ronin - Not so epic journey by om Keanu Reeves

Eew ngajakin nonton. Nonton apa? Dimana? Jam berapa?  Bagaimana? Apanya? Naik apa? No..no..no.. terlalu banyak pertanyaan dan dilema untuk dipikirin. Satu-satunya film agak lumayan yang sedang tayang (saat itu) di bioskop cuma 47 Ronin. Ya udah, akhirnya kami memutuskan untuk nonton 47 Ronin. Simple. Ga perlu pake dilema-dilemaan.

Ngomong-ngomong soal Ronin, gue langsung berpikir soal Jepang. Dari masih bocah gue udah salut sama Jepang. Seninya, filosofinya, orang-orangnya yang nasionalis banget. Bedalah sama disini. Di Indonesia, orang - orangnya baru nasionalis kalo budayanya udah di klaim sama negara lain. Kalo ngga mah pada cuek ga pedulian. Buang sampah aja pada sembarangan. Cinta tanah air macam apa, kalo buang sampah aja ga becus. Ya nggak?

Eniwei, 47 Ronin agak memenuhi ekspektasi gue...
Iya, ekspektasi yang ga tinggi-tinggi banget. Biasanya, kalo film komersil berlatar Asia dibuat oleh orang barat, feelnya ga dapet. Tapi di film ini, ada usaha yang cukup ngoyo buat menghadirkan spirit Jepang. Lumayanlah biarpun tetep belom dapet :P

Entah gimana, biarpun film ini berusaha kaya gimana pun buat ngedapetin feel dan spirit Jepang...Bushido..seppuku..scene pemandangan cantik Jepang.. gue masih berasa tetep kaya ga nonton film bernuansa Jepang. Ada perasaan heart warming ala Jepang yang ga dapet di film ini, padahal film ini kayanya berusaha untuk dapetin feel yang heart warming banget. Buat yang suka nonton film Jepang, pasti tau perasaan heart warming yang gue maksud. Itu lho, perasaan krenyes-krenyes di hati gara - gara cerita tentang nilai pengorbanan, cinta tanah air, kekeluargaan, persahabatan dan segala macem bla-bla.
 
Dari segi cerita, cukup standar menurut gue. Terinspirasi dari legenda beneran yang ditambah unsur fiksi ngayal-ngayal. Si jahat dan si baik. Cerita bales dendam sambil nyelametin putri kaya game Mario Bros, cuma ini rame - rame.  Tentang cinta yang terlarang. Ga spesial banget, cuma menurut gue mayan potensial kalo petualangannya dibuat lebih liar lagi. Ayolah, inikan Jepang dan film fiksi pula....masa cuma segitu doang kegilaan dan imajinasi yang ada di ceritanya...
(Btw kalo di buatin video game dengan cerita yang ditambah plus twist pasti keren. Hack and slash atau JRPG).

Unsur action cukup seru, CGI yang lumayan keren, scene-scene berantem yang rame dan ketolong sama makhluk-makhluk mitologi Jepang. Yang agak ganggu cuma CGI pemandangan Jepang yang agak kaku, ketauan boongnya. Oh iya, disini mas Keanu cuma jadi figuran kayaknya, berat ceritanya lebih ke mas Oishi yang aktingnya (dan mas-mas Jepang lainnya) lumayan menjiwai.

Agak seneng juga sih bisa nonton film yang berbau budaya tradisional Jepang di bioskop, biarpun dari segi cerita (terutama petualangannya) kurang "gila". Durasi film lumayan lama (119 min) dan gue cukup enjoy. Usaha filmmakernya buat nonjolin budaya tradisional Jepang yaa...bolehlah.. cuma please try again next time ya bro.. 
Buat yang suka film action, soklah boleh ditonton, ga mengecewakan dan termasuk seru kok.

Score 47 Ronin (2013) seenaknya : 7 out of 10
Duration : 119 min 
Stars: , ,

No comments:

Post a Comment

About Us

Catatan tentang apa yang kami kerjakan suka-suka tanpa duka. Kita bakalan review macam-macam makanan, review film, tips traveling juga jalan-jalan, dan pastinya kita juga bakalan berbagi resep masakan.. Pokonya seru deh, stay reading, stay happy nice people!

Recent

recentposts

Pageviews